Halaman

Sabtu, 21 September 2019

Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi (di-Password) Tanpa Software

Hello Guys, kali ini saya akan membagikan suatu trik yang menarik dalam membuka file dokumen Word yang di beri Proteksi atau di Password.
Hal ini biasanya terjadi ketika kita mau download hasil penginputan data dari website dalam bentuk File Word, biasanya Filenya itu nggak bisa di edit atau di rubah dalamnya hal ini disebabkan filenya di Proteksi otomatis dari websitenya, contohnya seperti hasil penginputan di LHKPN.
Hal ini pernah saya alami sendiri, karena bingung saya bertanya dong ke OM GOOGLE eh ternyata nggak  perlu pake-pake aplikasi pihak ketiga lagi alias Software tambahan. So...., bagaimana caranya, Hmmmm terus bacanya yaaaa........... (^ _ ^)

Berikut Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi Tanpa Software :

Pertama silakan Anda buka file dokumen Word yang diproteksi. Oh iya cara ini hanya untuk membuka proteksi Word yang diberi password pada editingnya saja bukan pada file Word-nya, artinya file ini masih bisa dibuka namun kita diproteksi tidak bisa melakukan editing.
Setelah file dokumen Word yang diproteksi Anda buka, sekarang Anda Save As file tersebut dengan format type XML Document.
Langkah selanjutnya Anda buka file Word yang sudah diubah formatnya (XML Document) dengan Notepad. Caranya klik kanan pada file XML kemudian klik pilih Open with > Notepad.


Sekarang Anda cari kode documentProtection pada sederetan kode yang tampil pada layar Notepad. Untuk mempermudah dan mempercepat pencarian gunakan fitur Find dengan cara menekan Ctrl+F pada keyboard. Pada kolom Find what Anda ketik documentProtection kemudian Enter. Hapus baris kode berikut :

<w:documentProtection w:edit="readOnly" w:formatting="1" w:enforcement="1" 
w:cryptProviderType="rsaFull" w:cryptAlgorithmClass="hash" 
w:cryptAlgorithmType="typeAny" w:cryptAlgorithmSid="4" 
w:cryptSpinCount="100000" w:hash="....................................=" 
w:salt="....................................=="/>
 
Setelah menghapus kode seperti yang sudah dijelaskan diatas, simpan file XML yang dibuka di Notepad tersebut dengan cara klik File > Save atau menekan Ctrl+S pada keyboard. Kemudian Anda buka file XML dengan menggunakan Office Word dan sekarang file dokumen Anda sudah tidak diproteksi lagi. Kini Anda bisa melakukan editing lagi seperti sedia kala. Simpan file Word Anda kedalam format semula yaitu type Word Document.
Bagaimana cukup gampang bukan?, baiklah sampai disini postingan mengenai Cara Membuka File Dokumen Word Yang Diproteksi (di-Password) Tanpa Software, sampai jumpa di Postingan selanjutnya dan tetap ngikutin yaaa...........>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar